Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media WhatsApp Group terhadap Hasil Belajar Kompetensi IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Nurainun Rambe Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
  • Dewi Masithoh Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta https://orcid.org/0000-0001-7358-4439

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v2i2.42

Keywords:

media pembelajaran, whatsapp group , hasil belajar IPA, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran WhatsApp Group dalam meningkatkan hasil belajar kompetensi IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di MI Sana’ul Ula Piyungan sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, soal tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian dilihat dari peningkatan hasil belajar kompetensi IPA, 80% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal/KKM 8,0 dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran WhatsApp Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi IPA kelas IV di MI Sana’ul Ula Piyungan. Terlihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada setiap siklus dan keaktivan siswa dalam pembelajaran. Hasil belajar ketika pra-tindakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 7,8 dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sebesar 20,69% sebanyak 6 siswa, pasca-tindakan siklus I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 8,4 dengan pencapaian KKM 58,62% sebanyak 17 siswa, dan pada pasca-tindakan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 9,0 dengan jumlah siswa yang memenuhi KKM sebesar 86,20% sebanyak 25 siswa dari 29 siswa yang mengikuti proses pembelajaran.

 

_____________________________________________________________________________________________________________________________

This study is a Class Action Research, which aims to determine the effectiveness of the application of WhatsApp Group learning media in improving the learning outcomes of science competencies of grade IV students in elementary schools. This research was conducted from August to December 2021. The subjects of the study were 29 grade IV students at MI Sanaul Ula Piyungan. Data collection techniques used observation, test questions and documentation. Indicators of research success were seen from the improvement of learning outcomes of science competencies, 80% of students achieved the minimum completion criteria / KKM 8.0 and student activity in the learning process. The results of this study showed that through WhatsApp Group learning media can improve student learning outcomes in class IV science competencies at MI Sana’ul Ula Piyungan. It can be seen from the increase in learning outcomes obtained in each cycle and the student's ability to learn. Learning outcomes when pre-action obtained an average score of 7.8 with the number of students who managed to achieve KKM of 20.69% as many as 6 students, post-action cycle I there was an increase with an average score of 8.4 with the achievement of KKM 58.62% as many as 17 students, and in post-action cycle II the average score increased to 9.0 with the number of students who met KKM of 86.20% as many as 25 students from 29 students who participated in the learning process.

References

Wulandari, I.G.A.A., G.N.S. Agustika. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD Undiksha, 8 (3), 515-526. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.

Astiti, N.D., L.P.P. Mahadewi, I.M. Suarjana. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26 (2), 193 - 203. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688.

Clymer. (2011). The Barrett Taxonomy of Cognitive and Affective Dimensions of Reading Comprehension. Link: http://www.vdac.de/vdac/index.php?option=com_docman&task=doc_vi e w&gid=149. [Diakses pada tanggal 9 Agustus 2022].

Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom Di SD Negeri 77 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7 (2), 152 - 163. DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v7i2.13255.

Irwandi, Lusiana, M.S. Hartati, & Nopriyeni. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4 (2), 166 - 174. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519.

Masithoh. D. (2021). Penerapan metode genius learning strategy sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Journal of Nusantara Education, 1 (1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.1.

Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratama, R. A. (2019). Kuliah Melalui WhatsApp (Kulwapp). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 17 - 27. DOI: https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.32.

Roza, M., & M. Ulandari. (2016). Penerapan Strategi Genius Learning Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Lubuk Lintah Padang. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. VI (2), 570-579.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 109-119. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sujana, A. (2018). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Rambe, N., & Masithoh, D. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media WhatsApp Group terhadap Hasil Belajar Kompetensi IPA di Sekolah Dasar. Journal of Nusantara Education, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.57176/jn.v2i2.42

Issue

Section

Articles