Narrative Review: Digital Media in English Language Learning
DOI:
https://doi.org/10.57176/jn.v4i1.122Keywords:
narrative review, digital learning media, English subjectAbstract
Media pembelajaran digital merupakan salah satu alat yang dapat dimanfaatkan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mengkomunikasikan informasi dari guru kepada siswa. Media pembelajaran digital sangat penting untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris siswa. Media pembelajaran digital mendorong partisipasi aktif dan merangsang rasa ingin tahu tentang apa yang diajarkan guru. Pandemi Covid-19 membuat peran media pembelajaran digital semakin nyata. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan naratif untuk mengidentifikasi dan merangkum artikel jurnal yang telah dipublikasikan sebelumnya. Data berupa artikel dikumpulkan menggunakan aplikasi Publish or Perish. Data tersebut kemudian disortir berdasarkan kriteria yang ditentukan. Peneliti memperoleh 19 artikel yang layak untuk ditinjau. Peneliti meninjau dan menemukan bahwa jenis media pembelajaran digital yang paling umum digunakan dalam mata pelajaran bahasa Inggris SMA adalah Google Classroom, YouTube, Moodle dan Zoom, WhatsApp, Edmodo, Video Blog, dan Instagram. Platform ini terbukti dapat meningkatkan keterlibatan siswa, hasil belajar, dan kreativitas. Analisis komprehensif tentang penggunaan media pembelajaran digital dalam mata pelajaran bahasa Inggris SMA memberikan wawasan bagi para pendidik dan pembuat kebijakan, yang menekankan pentingnya mengintegrasikan platform ini ke dalam lingkungan belajar. Penelitian lebih lanjut dapat membahas penggunaan media digital dalam pembelajaran mata pelajaran lain seiring dengan perkembangan teknologi.
_______________________________________________________________________________
Digital learning media is a tool that can be utilized as an intermediate in the learning process to communicate information from teachers to students. It is crucial to improve students' English language learning skills. It encourages active participation and stimulates curiosity about what teachers teach. The Covid-19 pandemic has made the role of digital learning media increasingly realistic. This study used a narrative review method to identify and summarize previously published journal articles. Data in the form of articles were collected using the Publish or Perish application. The data was then sorted according to the specified criteria. The researcher obtained 19 articles that were eligible for review. The researcher reviewed and found that the most common digital learning media types in high school English subjects were Google Classroom, YouTube, Moodle and Zoom, WhatsApp, Edmodo, Video Blog, and Instagram. These platforms have been shown to enhance student engagement, learning outcomes, and creativity. The comprehensive analysis of the use of digital learning media in high school English subjects provides insights for educators and policymakers, emphasizing the importance of integrating these platforms into the learning environment. Further research can discuss the use of digital media in learning other subjects along with technological developments.
References
Ananda, R., & Mardiah, M. (2020). Pemanfaatan Video Blog (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Speaking Pada Siswa Sma Kelas Xi Di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan. Visipena, 11(2), 217–227. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1195
Arsini, N. W. W., Tantra, D. K., & Suprianti, G. A. . (2021). The Process of Teacher’s Lesson Plan for Learning English through Google Classroom in the Senior High School. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 9(3), 214. https://doi.org/10.23887/jpbi.v9i3.40453
Christian, Y., Robin, Aziz, M. F., Kencana, R. T., Exendy, R. R., Am, R. T., Tjiam, S., Rani, T., & Afnesia, U. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Melalui Youtube. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 2(1), 478–486. https://doi.org/10.37253/madani.v1i1.7240
Fatimah, M. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Inovasi Pembelajaran Debat Dalam Forum Diskusi Pada Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.31219/osf.io/uydph
Garini, A. W., Respati, R., & Prana, A. M. (2020). Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186–191. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26558
Gumelar, R. E., Jambari, O., & Suryaatmaja, T. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Selama Wabah Covid-19 di MA Persatuan Islam Persis 69 Matraman Jakarta. 8(1), 110–121. https://doi.org/10.30653/003.202281.218
Hamidah, F. N., Yanuarmawan, D., & ... (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Youtube untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru Bahasa Inggris SMK. Jurnal ABDINUS: Jurnal ….
Hasana, Z. (2023). Applying Digital Media In English Foreign Language Classroom At SMK Telkom Malang. In Universitas Muhammadiyah (Vol. 66). Universitas Muhammadiyah Malang.
Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Mahsunah, E. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis literasi digital pasca pandemi covid 19. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 957–968. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1257
Merta, N. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry-Based Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 228–238. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19146
Mujiyono. (2022). UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI BLENDED LEARNING. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 223–235. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.646
Mulya, A. K., & Aimah, S. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom (GCr) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Unimus.
Novan, D., Nugraha, S., Gunawan, H., Sari, P., & Meeting, Z. (2022). Media Pembelajaran Toefl Melalui Zoom Meeting Selama Covid-19 di SMK Mahardika Batujajar. 02(01), 50–57.
Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Restika Dewi, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Zoom Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Smk Negeri 1 Amlapura Tahun Pelajaran 2020/2021. Lampuhyang, 12(2), 121–136. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.276
Rosmanah, Y. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Materi Caption Menggunakan Media Instagram Siswa Kelas Xii Ipa 4 Sma Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/2021. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.379
Saputra, R. D., & Wibawa, S. C. (2020). Studi Literatur Pengembangan Motion Graphic Video Sebagai Tren Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 05(01), 371–379.
Susanti, W., Yuliendi, R. R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Perancangan Pembelajaran E-Learning Bahasa Inggris Untuk Pemula Berbasis Multimedia. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 101. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1601
Syafitri, E. R., & Nuryono, W. (2020). Studi Kepustakaan Teori Konseling “Dialectical Behavior Therapy.” Jurnal BK Unesa, 53–59. https://core.ac.uk/download/pdf/287304825.pdf
Syamsu, A., & Hadijah, H. (2022). Pembuatan Video YouTube Channel untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kelas X. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira).
Thoyib, M., Subandowo, M., & Wiyarno, Y. (2021). Penerapan E-Learning dengan Analisis Pengetahuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMK. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 13–25. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p013
Wahyuniyati, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas X Mipa 8 Sma Negeri 7 Denpasar …. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 290–302.
Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. Il. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562
Yohannes Telaumbanua, Hasbi, Sabriandi Erdian, & Hendro Saptopramono. (2022). Pemanfaatan Aplikasi/Platform Pendidikan Berbasis Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sma. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 2889–2896. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i11.1846
Yuniarti, N. E., & Ifadah, M. (2018). Keefektifan Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Online di Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional ….
Yusri, Y., Rosida, A., Jufri, J., & R, M. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i2.6760
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.