Pengembangan Media Permainan “Go Race” Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis

Authors

  • Aldi Setiawan University of Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sri Hartatik University of Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dewi Widiana Rahayu University of Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rudi Umar Susanto University of Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v4i1.125

Keywords:

pengembangan, profil pelajar pancasila, dimensi bernalar kritis, media permainan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan “go race” sebagai upaya peningkatan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis pada peserta didik kelas V sekolah dasar yang berbasis teknologi dalam pembelajaran. Hal ini didasari pada hasil survei PISA terkait literasi pada tahun 2018 kemampuan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis peserta didik sekolah dasar yang masih rendah. Rendahnya kemampuan  bernalar kritis ini disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam melaksanakan pembelajaran, minimnya fasilitas yang dimiliki oleh sekolah serta kurangnya pengetahuan guru mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Alat pengumpul data pada analisis data kuantitatif yaitu tes dan alat pengumpul data kualitatif yaitu observasi dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa media permainan go race merupakan media yang sangat layak untuk dikembangkan serta berperan efektif dalam peningkatan kemampuan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis bagi peserta didik kelas V sekolah dasar. Media permainan go race telah melalui uji validasi oleh ahli media dengan total nilai rata-rata 91,6% dan oleh ahli materi dengan total nilai rata-rata mencapai 94,59%. Diketahui dari hasil tersebut bahwa  media permainan go race masuk dalam kategori sangat layak untuk dikembangkan

______________________________________________________________________________________

This study aims to develop a game media “go race” as an effort to improve the profile of Pancasila students in the dimension of critical reasoning in grade V elementary school students based on technology in learning. Based on the results of the PISA survey related to literacy in 2018, the ability of the Pancasila learner profile in the critical reasoning dimension of elementary school students is still low. The low ability to reason critically is caused by the lack of teacher innovation in implementing learning, the lack of facilities owned by schools and the lack of teacher knowledge about the use of technology in learning. This type of research is research and development with the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The data analysis techniques used are quantitative and qualitative. Data collection tools in quantitative data analysis are tests and qualitative data collection tools are observation and interviews. The results showed that the go race game media is a media that is very feasible to develop and plays an effective role in improving the ability of Pancasila student profiles in the dimension of critical reasoning for fifth grade elementary school students. The go race game media has gone through a validation test by media experts with a total average score of 91.6% and by material experts with a total average score of 94.59%. It is known from these results that the go race game media is in the category of very feasible to be developed

References

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Kurikulum Merdeka. Retrieved October 30, 2023, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Retrieved October 30, 2023, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Ernawati. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Jurnal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Jannah, F. Z., Serevina, V., & Astra, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Fisika Fluida Statis Berbasis Lingkungkan Dalam Bentuk Poster Photoscrap. Prosiding Seminar Nasional Fisika . https://doi.org/10.21009/0305010204

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Renstra Puspeka 2020.

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., Asih, T., Program, ), Biologi, S. P., Mipa, J. P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Sistem Respirasi Development Of Integrated E-Module Of Islamic Values On Respiratory System Material. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 1–9.

Lumban Gaol, P., Khumaedi, M., & Masrukan. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1).

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 1, 29–35.

Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sulinar Sali, L., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. In Risalah Kebijakan Pusat Penelitian Kebijakan: Vol. Nomor 3. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id

Saryono, D., & Koesoema, D. A. (2018). PPK berbasis budaya sekolah melalui sejarah (T. Wulandari, Ed.). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl, Pub. L. No. 20 (2003).

Wayan Astini, N., & Kadek Rini Purwati, N. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742749

Zuchron, D. (2021). TUNAS PANCASILA. Direktorat Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

Setiawan, A., Hartatik, S., Rahayu, D. W., & Susanto, R. U. (2024). Pengembangan Media Permainan “Go Race” Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis. Journal of Nusantara Education, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.57176/jn.v4i1.125