Peran Guru dalam Pendidikan Karakter untuk Membentuk Tanggung Jawab dan Disiplin Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.137Keywords:
peran guru, pendidikan karakter, tanggung jawab, disiplinAbstract
Pendidikan karakter menjadi fondasi penting dalam membentuk generasi yang bertanggung jawab dan disiplin sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pendidikan karakter untuk membentuk tanggung jawab dan disiplin siswa di SDN 03 Trans Bangsa Negara. Penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori . Selanjutnya, peneliti menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik validitas data yang membandingkan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter di SDN 03 Trans Bangsa Negara secara keseluruhan mencapai rata-rata 73%. Terdapat lima aspek utama peran guru meliputi: (1) Pemberian keteladanan melalui perilaku, (2) Pembiasaan positif seperti sistem piket dan pemeriksaan kerapian, (3) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran, (4) Penguatan positif berupa pujian dan apresiasi, serta (5) Evaluasi dan refleksi melalui pengamatan harian. Faktor yang mendukung pembentukan karakter adalah komunikasi guru dan siswa yang baik, lingkungan sekolah yang kondusif, dan keterlibatan aktif orang tua. Namun, ada beberapa hambatan dari sisi internal siswa, seperti kurangnya kesadaran, rasa malas, dan rendahnya kepercayaan diri, serta faktor eksternal seperti pengaruh gadget, kurangnya perhatian orang tua, dan tekanan teman sebaya. Secara keseluruhan, pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah ini membantu membangun tanggung jawab dan disiplin siswa meskipun masih memerlukan optimalisasi dalam menghadapi kendala yang ada.
_________________________________________________________________________________
Character education is a vital foundation for shaping a responsible and disciplined generation from an early age. This study aims to examine the role of teachers in character education to foster responsibility and discipline among students at SDN 03 Trans Bangsa Negara. The research employed a descriptive design with a qualitative approach. Data were collected through classroom observations, interviews, and documentation. The study applied Miles and Huberman’s data analysis theory, encompassing three stages: data reduction, data display, and data verification. Furthermore, the researcher utilized source triangulation as a validity technique by comparing data from observations, interviews, and documentation. The findings reveal that the implementation of character education at SDN 03 Trans Bangsa Negara achieved an average effectiveness of 73%. The teacher's role encompasses five main aspects: (1) Exemplary behavior, (2) Positive habits such as duty rosters and grooming checks, (3) Integration of character values into subjects, (4) Positive reinforcement through praise and appreciation, and (5) Evaluation and reflection through daily observations. Supporting factors include effective teacher-student communication, a conducive school environment, and active parental involvement. However, challenges arise from internal student factors, such as lack of awareness, laziness, and low self-confidence, as well as external factors, including gadget influence, insufficient parental attention, and peer pressure. In conclusion, character education at this school contributes to building student responsibility and discipline, though further optimization is needed to address existing challenges.
References
Anis, F., Hutami, T. S., & Nugroho, P. A. (2023). Peran Kepala Sekolah, Guru Dan Siswa Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter di MI Hidayatul Ulum Kisik. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1587-1596.
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 333. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688
Anshori, Y. Z. (2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 928–933. https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2121
Ardana, L. N., Vega, N., Kirana, P., & Sunaryati, T. (2023). Peran Penting Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 1–6.
Arniah., Arniah., Rifa’I, A., & Janah, M. 2022. Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu 6(5): 8626–34. doi:10.31004/basicedu.v6i5.3843.
Bukoting, S. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Deni, D. G., Aini, E. N., & Sofyan, M. (2022). Peran Pembiasaan Kegiatan di Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MI Miftahul Huda. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v1i2.8
Deosari, A., & Appulembang, O. D. (2022). Penerapan Penguatan Positif Terhadap Keterlibatan Perilaku Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh [the Implementation of Positive Reinforcement on Students’ Behavior in Distance Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 90. https://doi.org/10.19166/johme.v6i1.2868
Depdiknas. (2007). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SD, Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan.
Fatimah, E. S., Sa’dijah, C., & Dina, L. N. A. B. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Islam Karangploso Malang. VICRATINA: Jurnal pendidikan Islam. 4 (3).
Handayani, M., & Narotama, U. (2023). Strategi Penguatan Positif Dalam Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Flamboyan Platuk. Motoric, 7(1), 479–489.
Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 4(1): 18–23. doi:10.33369/juridikdas.4.1.18-23.
Ibrahim, R., A. Salim, Wismanto, and Abunawas. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Journal of Education Research 4(3): 1082–88.
Indonesia, U. U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Ismeiranti., Ismeiranti., & Ferdiansyah, M. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Saat Pembelajaran Pada Siswa Sd Kelas Iv. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 7(3): 74. doi:10.26737/jpdi.v7i3.3510.
Jasmana, J. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di SD Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 164–172. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.653
Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(3): 1577–83. doi:10.31004/basicedu.v5i3.912.
Lestariningsih, D. (2017). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Mata Pelajaran Penjasorkespada Kelas Iv Di SD N Suryodiningratan 1. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta: 1–10. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1579.
Maela, E., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 931–937. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820
Mamkua, M., & Sutrisno, S. (2023). Pendidikan Karakter Perspektif Studi Islam : Peran Guru Membentuk Karakkter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di SD IT. Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(1): 104–9. doi:10.58258/jime.v9i1.4226.
Nurhasanah, E., Aisah, S., & Yusnarti, M. (2024). Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i1.325
Nur Saidah, F. (2022). Pengaruh Keteladanan Guru Dan Kepribadian Siswa Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMA Budi Dharma Dumai. Jurnal Tafidu, 1(1), 36–48.
Purba, R. T., & Putri, A. P. D. (2023). Pengaruh Penguatan Positif Terhadap Sikap Perhatian Murid Kelas Satu Sekolah Dasar. Aletheia Christian Educators Journal, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.2.53-60
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, 8–12. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). sPengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325
Romualdi, K. B., & Kumalasari, D. (2022). Pengaruh Keteladanan Guru Dalam Implementasi Pendidikan Karakter: Tinjauan Perspektif Peserta Didik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 130. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9151
Rusdi, M., & Marwah. (2022). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Di Mts Ibadurrahman Muttahidah, Sibulue.” HELPER : Jurnal Bimbingan dan Konseling 39(2): 91–100. doi:10.36456/helper.vol39.no2.a5537.
Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan karakter melalui metode refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(13), 72-82.
Sugiarto. (2021). Keteladanan guru sebagai sarana pendiikan karakter. 4(1), 1–23.
Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6(2): 460. doi:10.30651/else.v6i2.13671.
Winulyo., Suyuthi, J., and Halili, H. R. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Riyadusshalihin Kota Probolinggo.” AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 5(1): 17–25. doi:10.46773/muaddib.v5i1.632.
Zaenuri., & Fatonah, S., (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puji Lestari, Miftahul Mahrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.