Inovasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Etnomatematika pada Tradisi Rebo Wekasan
DOI:
https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.152Keywords:
Etnomatematika, Rebo Wekasan, Case Study, Pembelajaran matematikaAbstract
Persepsi peserta didik di sekolah dasar menganggap bahwa matematika merupakan rumpun ilmu yang sulit. Konsep matematika dipersepsikan tidak terikat dengan kehidupan sosial masyarakat dan budaya. Nyatanya konsep dasar matematika justru melekat pada budaya masyarakat.. Tujuan dari penelitian menganalisis efektifitas inovasi pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui tradisi rabu wekasan. Pendekatan yang digunakan melalui konsep etnomatematika, yaitu penggunaan konsep kearifan lokal sosial budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada siswa, guru dan masyarakat, serta tokoh adat setempat, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Penelitian dilakukan pada tahun 2023 di SDN Rengel V, Kabupaten Tuban, dengan melibatkan 16 siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan siswa bisa menjelaskan, mengidentifikasi dan menyebutkan jenis-jenis bangun ruang yang ada pada tradisi Rabu Wekasan. Siswa melakukan integrasi pembelajaran materi bangun ruang dan mengimplementasikannya melalui tradisi Rabu Wekasan di daerah tempat tinggal. Integrasi yang dimaksud melalui pengamatan langsung tentang persamaan konsep bangun ruang dalam teori yang didapat di sekolah dengan wujud nyata pada jajan dan makanan yang disajikan dalam tradisi Rabu Wekasan. Kesimpulan Pembelajaran dengan pendekatan case study pada materi bangun ruang terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa terkait materi geometri bangun ruang. Pembelajaran kontekstual dilakukan dengan melibatkan siswa untuk melakukan pengamatan pada pada tradisi Rabu Wekasan.
_________________________________________________________________________________________
The perception of students in elementary schools is that mathematics is a difficult group of knowledge. Mathematical concepts are perceived as not being tied to the social life of society and culture. In fact, the basic concepts of mathematics are actually embedded in people’s culture. The research aims to analyze the effectiveness of mathematics learning innovations in everyday life through the Wednesday Wekasan tradition. The approach used is through the concept of ethnomathematics, namely the use of the concept of local socio-cultural wisdom. The research method used is descriptive qualitative. Data collection is done through in-depth interviews, observation, and documentation. Checking the validity of the data is carried out through source triangulation. The research was conducted in 2023 at SDN Rengel V, Tuban Regency, involving 16 students as informants. The results of the research show that students can explain, identify and name the types of spatial structures that exist in the Wednesday Wekasan tradition. Students integrate learning about building space material and implement it through the Wednesday Wekasan tradition in the area where they live. The integration referred to is through direct observation of the similarity of spatial concepts in theory obtained at school with the real manifestation in snacks and food served in the Wednesday Wekasan tradition. Conclusion: Learning using a case study approach to spatial geometric material has proven to be effective in increasing students’ understanding of spatial geometric material. Contextual learning is carried out by involving students in observing the Wednesday Wekasan tradition
References
Agatha, A., & Partoyo. (2020). Pemanfaatan Ragi Alami pada Pembuatan Kue Serabi. Jurnal Culinaria, 2(2), 1–57.
Ainaya, M. S., Rozana, H., Sativa, S. O., Syafitri, F. D., & Pramesti, S. L. D. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Khas Lebaran (Lontong, Ketupat, Nastar, dan Kastengel). PROSIDING SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 19–34.
Alit, D. M., & Tejawati, N. L. P. (2023). Smart Classroom: Digital Learning Generation Z and Alpha. Seminar Nasional (PROSPEK II) “Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar,” Prospek Ii, 277–288.
Amertaningtyas, Bagian, (Staf Pengajar, Hasil, T., Fakultas, T., Universitas, P., & Malang, B. (2011). Mini review : Pengolahan kulit di Indonesia. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 21(3), 18–29. http://jiip.ub.ac.id/
Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 408–417. https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i3.2989
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123–132.
Angreni, D. (2021). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 16 Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(3), 10–20. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1981
Fadilah, S. I., Sriyati, S., & Irawan, T. M. I. A. (2023). Kajian Dieng Culture Festival sebagai Implementasi Etnopedagogi Materi Biologi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 9(4), 80–94. https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 39–45. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45
Lubis, M. Tuah, A. N., & Yanti, D. (2018). Identifikasi Etnomatematika Batik Besurek Bengkulu Sebagai Media Dan Alat Peraga Penyampaian Konsep Kekongruenan Dan Kesebangunan. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 267. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2103
Mathew B. Miles, A. Michael Huberman, J. saldafia. (2014). Qualitative Data Analysis A methode Sourcebook 3rd edition. In Helen Salmon (Ed.), SAGE Publication, Inc (3rd ed.). SAGE Publications, Inc. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Mauladah, M., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Karakter Pada Tradisi Rebo Wekasan Di Masyarakat Desa Jepang. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7148
Nugroho, J., & Ismail, D. H. (2024). Critical Thinking Skills Building Strategies for Generation Alpha Z. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.31334/transparansi/
Nurhayati, E., Mulyana, -, Ekowati, V. I., & Meilawati, A. (2016). Inventarisasi Makanan Tradisional Jawa Unsur Sesaji Di Pasar-Pasar Tradisional Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2). https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.8039
Nurjannah, S. (2017). Living Hadis: Tradisi Rebo Wekasan Di Pondok Pesantren Mqhs Al-Kamaliyah Babakan Ciwaringin Cirebon. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 5(01), 219. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v5i01.4340
Pakpahan, R., Ng, J., & Sandro, K. A. (2019). Eksperimental Kue Klepon Berbahan Dasar Tepung Kentang Dan Tepung Ubi Jalar. Jurnal Hopitality Dan Pariwisata, 5(2), 115–130.
Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71
Parai’, N. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Bagi Anak Generasi Alpha Dalam Menghadapi Era Metaverse. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.52436/1.jpti.277
Paryoto. (2019). Pengaruh Fortifikasi Tepung Ganyong Terhadap Kandungan Serat Dan Kue Srabi Sebagai Pangan Fungsional. Jurnal Culinaria, 1(1), 62–87.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Dari Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Prosiding Sesiomadika, 2009, 1270–1285. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/3112
Putri, J. K., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Hasil Belajar Siswa : Tinjauan Literatur Sistematis. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 903–912.
Raharjo, D. I., Rasiman, & Untari, F. A. M. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101.
Rahmawati, D., Jannah, N., Ragil, I., & Atmojo, W. (2022). Learning in. 6(1), 1064–1074.
Rahmawati, R. S., Anisah, A. S., & Holis, A. (2025). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bentuk Ketupat Dalam Tradisi Rebo Wekasan Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Matematika. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 134–146.
Rianita, S., Sari, P., Salfa Dini, S., Ramdhani, M. A., & Dianah, R. (2024). Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (Snpk) Strategi Pemasaran Produk Onde-Onde Dengan Pewarna Alami Bunga Rosella Dan Ubi Ungu Dengan Isian Selai Buah (Sesame Balls Fruit). 3(April), 321–327.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562
Rudyanto, H. E., Kartikasari, A., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 25–32.
Sari, L. (2020). Tradisi Membaca Surat Yasin Tiga Kali Pada Ritual Rebo Wekasan (Studi Living Sunnah di Kampung Sinagar Desa Bojong Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur). Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis, 4(2), 167–174. https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.6219
Sarim, K, imelda C., & Darmawan, R. (2022). Kuliner Di Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 5(1), 17–37.
Savitri, P. N., Syamsir, E., & Budijanto, S. (2022). Pengaruh Tepung Beras Pragelatinisasi terhadap Penyerapan Minyak dan Sensori Kue Cucur. Jurnal Teknologi Dan Industri Pangan, 33(1), 1–10. https://doi.org/10.6066/jtip.2022.33.1.1
Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Jurnal Science Tech, 4(2), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054
Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (19th ed.). CV. ALfabeta.
Wahyuni, I. (2018). Buku Ajar Buku Ajar (1st ed.). Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.
Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eni Suhartik, Mu'jizatin Fadiana, Djoko Apriono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.