Hubungan pembelajaran akidah akhlak dan perilaku siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.2

Keywords:

hubungan, pembelajaran akidah akhlak, perilaku siswa

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak tetap urgen menjadi pemahasan sampai saat ini karena banyaknya kemerosotan perilaku siswa. Pendidikan mempunyai peranan yang cukup penting dalam membentuk kepribadian dan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan pembelajaran Akidah Akhlak dengan perubahan perilaku siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Darul Falah Ketapang berjumlah 65 siswa dan seluruhnya dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara pembelajaran Akidah Akhlak dan perilaku siswa. Oleh karena itu efektifitas pembelajaran Akidah Akhlak menjadi penelitian yang tetap urgen dilaksanakan untuk mecapai tujuan pendidikan yaitu perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap, keterampilan, pengetahuan.

Learning Aqidah Akhlaq remains urgent to be discussed until now because of the many declines in student’s behavior. Education has an important role in shaping the personality and behavior of children. This study aims to examine the relationship between Aqidah Akhlaq learning and changes in student’s behavior. effective Aqidah Akhlaq learning with various approaches and methods can guide and direct student behavior towards good development by religious demands. This study uses a quantitative approach with the correlation method. The population of the study was the students of class VIII MTs Darul Falah Ketapang, totaling 65 students, and all of them were used as research samples. Data was collected using questionnaires and interviews. The data were analyzed by the Pearson correlation analysis technique. The results showed that there was a strong relationship between Aqidah Akhlaq learning and student behavior. Therefore, the effectiveness of Aqidah Akhlaq learning becomes an urgent study to be carried out to achieve educational goals, namely changes in overall behavior in attitudes, skills, knowledge.

 

References

Al Ayubi, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Prilaku Sosial Siswa kelas X Dan XI Di MAN 5 Sleman Yogyakarta [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8251

Alamuddin, A., & Munawaroh, M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 163. https://doi.org/10.24235/EDUMA.V3I2.62

Anwar, R. (2010). Akhlak Tasawuf. CV. Pustaka Setia.

Banna, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus di MIN Alfitrah Lanraki). In Jurnal Ilmiah Islamic Resources (Vol. 16, Issue 1). https://doi.org/10.33096/JIIR.V16I1.7

Choiriani, H. A., Sulistiani, I. R., & Febry Lismanda, Y. (2019). Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI SMA Al-Rifa’ie Ketawang Gogdanglegi Malang. In Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 4, Issue 4). http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.

Fitri Yanti, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur. JOM FISIP, 4(1), 1–12. https://www.neliti.com/publications/205443/

Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala, 1(4), 73–87. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7527

Hakim, L. (2012). Internalisasi Nila-nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 10(1), 67–77. http://jurnal.upi.edu/file/5_Penanaman_Nilai.pdf

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. BUMI AKSARA.

Hermawan, I., & Fitriyah, U. (2017). Efektifitas Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri(MAN) Karawang. In Jurnal Pendidikan Islam Rabbani (Vol. 1, Issue 1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/776

Jannah, M. (2020). Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326

Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326

Muhammad, M. (2020). Character Building Implementation Model : A Review On Adab Akhlaq Learning. Jurnal Tatsqif, 18(2), 151–168. https://doi.org/10.20414/jtq.v18i2.2850

Mundir, M. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Normatif dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 193–204. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.49

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174.

Mustofa, H. (2010). Akhlak Tasawuf. CV. Pustaka Setia. http://www.pustakasetia.com/product/akhlak-tasawuf/

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Fitrah, 03(2), 333–352.

Prasetya, S., & Ibrahim, M. (2017). JOM FISIP Vol. 4 No. 2 – Oktober 2017 Page 1. Strategi Bertahan Hidup Petani Penggarap Di Jorong Sarilamak Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, 4(1), 1–13.

Rabuanim, R., Andrizal, A., & Akbar, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII 3 Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar. Jurnal AL-HIKMAH, 1(1), 92–96. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/503

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Said, A., Sulistiani, I. R., Program, K. A., Pendidikan, S., & Islam, A. (2019). Pengaruh Penguasaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Singosari Malang. In Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 4, Issue 8). http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3329

Sari, N., Pitoewas, B., & Halim, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Disiplin Dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah di MTs. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/18395

Yustina, Syafii, W., & Apriliana, V. (2014). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Biogenesis, 11(61–66).

Downloads

Published

2021-08-20

How to Cite

Ucup Supriatna, & Rahayu, P. (2021). Hubungan pembelajaran akidah akhlak dan perilaku siswa. Journal of Nusantara Education, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.2