Manajemen berbasis masyarakat dalam pengelolaan PAUD
DOI:
https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.5Keywords:
manajemen lembaga PAUD, pengelolaan pos PAUD, manajemen berbasis masyarakatAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang: 1) manajemen berbasis masyarakat dalam pengelolaan PAUD di Pos PAUD Wijaya Kusuma Yogyakarta; 2) keterlibatan masyarakat dalam pengelolaannya; serta 3) strategi pengelola lembaga dalam mengatasi hambatan pengelolaannya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara uji keabsahan data dilakukan dengan model analisis Miles & Huberman melalui proses reduksi data, display data, dan pembuatan konklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen Pos PAUD Wijaya Kusuma Yogyakarta berada di tangan masyarakat melalui Pokja II (Kelompok Kerja) PKK RW 6 Tegalrejo Yogyakarta; 2) pos PAUD Wijaya Kusuma termasuk lembaga PAUD HI (Holistik Integratif) yang dalam pelaksanaan program pendidikannya menjalin kemitraan dengan Posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB), dan Puskesmas; 3) upaya yang dilakukan pengelola dalam mengatasi berbagai hambatan pengelolaan Pos PAUD diantaranya: 1) terkait manajemen sumber daya manusia, pengelola Pos PAUD Wijaya Kusuma mengikutsertakan para pendidiknya secara berkala dalam diklat-diklat PAUD; 2) terkait manajemen keuangan, pengelola Pos PAUD Wijaya Kusuma menghimpun dana operasional lembaga melalui penarikan SPP, serta dengan mengakses berbagai bantuan dana dari pemerintah pusat, daerah, maupun desa; 3) terkait manajemen sarana prasarana, perawatan dan pengadaan sarana prasarana penunjang kegiatan pembelajaran dilakukan secara terprogram untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran; 4) evaluasi lembaga dan program PAUD maupun pembinaan lembaga dilakukan melalui koordinasi intensif dengan penilik PAUD dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.
The purpose of this study was to obtain information about: 1) community-based management in PAUD management at the Wijaya Kusuma PAUD Post Yogyakarta; 2) community involvement in its management; and 3) strategies of institutional managers in overcoming obstacles to their management. The research methodology used is qualitative research. The data collection techniques were carried out through observation, interviews and documentation. Meanwhile, the data validity test was carried out using the Miles & Huberman analysis model through the process of data reduction, data display, and making conclusions. The results showed that: 1) the management of the Wijaya Kusuma PAUD Yogyakarta Post was in the hands of the community through the Pokja II (Working Group) PKK RW 6 Tegalrejo Yogyakarta; 2) Wijaya Kusuma PAUD Post is an HI (Holistic Integrative) PAUD institution which in implementing its educational program establishes partnerships with Posyandu, Toddler Family Development (BKB), and Puskesmas; 3) efforts made by the manager in overcoming various barriers to the management of PAUD Posts include: 1) regarding human resource management, the manager of the PAUD Wijaya Kusuma Post regularly includes educators in PAUD trainings; 2) regarding financial management, the manager of the Wijaya Kusuma PAUD Post collects operational funds for the institution through the withdrawal of SPP, as well as by accessing various funding assistance from the central, regional, and village governments; 3) regarding the management of infrastructure facilities, maintenance and procurement of infrastructure facilities to support learning activities are carried out programmatically to support the implementation of learning; 4) evaluation of PAUD institutions and programs as well as institutional development is carried out through intensive coordination with PAUD inspectors from the Yogyakarta City Education Office.
References
Aprianti, Marliani, Belajar pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, dalam https://repository.unsri.ac.id. Diakses tanggal 21 Desember 2020.
Direktorat Pembinaan PAUD. (2006). Bahan Kebijakan Pembinaan PAUD, Kemendikbud: Dirjen PAUDNI, UU Sisdiknas No, 20 Tahun 2003.
Dirjen PAUDNI. (2011). Juknis Penyelenggaraan Pos PAUD. Jakarta: Kemendiknas.
Handayani, Ari, dkk. (2011). Peningkatan Kualitas Pos PAUD Melalui Pengembangan Program Holistik Integratif (Penelitian Tindakan Pada Pos PAUD Se-Kalurahan Penggaron Kidul), Jurnal Penelitian PAUDIA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Vol. 1 Nomor 1.
Kemendikbud, Pendidikan Anak Usia Dini, dalam www.paud.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 20 Desember 2020.
Machali, Imam & Ara Hidayat. (2020). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Dalam www.digilib.uinsgd.ac.id. Diakses tanggal 21 Desember 2020.
Machali, Imam, dkk. (2018). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Rencana Strategis Kemdikbud, dalam www.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 21 Desember 2020.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran AUD Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Rosdakarya.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tedjawati. (2020). Penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Rangka Otonomi Daerah: Studi Kasus di Kabupaten Kulon Progo dalam https://adoc.pub/penyelenggaraan-program-pendidikan-anak-usia-dini-paud-dalam.html. Diakses tanggal 20 Desember 2020.
Terry R. George & Leslie W, Rue. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ulfa, Maria. (2015). “SYAHADAT“ Sebuah Pendekatan Dalam Mengoptimalkan Manajemen PAUD Berbasis Masyarakat. Jurnal Al-Ijtimaiyyah. Vol. 1, Nomor 1.
Ulfah, Fari. (2015). Manajemen PAUD, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Trias Aprilyani, Qosim Khoiri Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.