Pengaruh Model Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Keberagaman Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.57176/jn.v3i2.94Keywords:
hasil belajar siswa, model cooperative learning, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh di dalam hasil belajar siswa dalam menggunakan model cooperative learning di dalam pembelajaran. Hasil belajar tersebut diorientasikan di dalam mata pelajaran Matematika dengan pembahasan lingkaran untuk melihat kemampuan awal matematis, mengingat kemampuan awal matematis siswa yang menjadi parameter di dalam menghasilkan suatu jawaban inheren dengan berbagai perspektif yang alternatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cisarua dengan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi untuk melihat keterkaitan akan variabel bebas yakni kerja sama di dalam keberagaman peserta didik dan variabel terikat yakni hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning pada materi lingkaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Cisarua dengan sampel sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan angket dan tes pada akhir pembelajaran. Pengujian persyaratan analisis data yang digunakan terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov berbantuan software SPSS versi 26. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa analisis kerja sama siswa dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative leraning pada materi lingkaran memiliki korelasi dengan kekuatan koefisien yang kuat dengan nilai Correlation Coefficient sebesar 0,841 serta interaksi antara kerja sama siswa dengan hasil belajarnya adalah sebesar 84,1% dan 15,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor eksternal. Dikarenakan data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji regresi yang menghasilkan data memenuhi dalam kriteria linearitas dengan persamaan regresi adalah Y = 31,647 + 0,619X
_______________________________________________________________________________________
This research aims to see whether there is an influence on student learning outcomes in using the cooperative learning model in learning. These learning outcomes were oriented in Mathematics subjects with a discussion of circles to see initial mathematical abilities, considering that students' initial mathematical abilities were the parameters in producing an answer that was attached to various alternative perspectives. This research was carried out at SMPN 1 Cisarua with quantitative research. This research method used a correlation analysis to see the relationship between the independent variable, namely cooperation in the diversity of students, and the dependent variable, namely student learning outcomes using the cooperative learning model in circle material. The population of this research was class VIII students at SMPN 1 Cisarua with a sample of 31 students. The research instruments in this study used questionnaires and tests. The specifications for data analysis requirements used consisted of a normality test and linearity test using Kolmogorov-Smirnov with the help of SPSS version 26 software. In this study, it was concluded that the analysis of student cooperation in learning with student learning outcomes using the cooperative learning model in circle material has a correlation with strength. a strong coefficient with a Correlation Coefficient value of 0.841 and the interaction between student cooperation and learning outcomes is 84.1% and the other 15.9% is influenced by external factors. Because the data is normally distributed, it is continued with a regression test which produces data that meets the linearity criteria with the regression equation being Y = 31.647 + 0.619X
References
Adji, M. R., Prasetyo, M. A., Nada, L. K., Ulandari, L., & Fadila, L. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 256–263. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.324
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.annur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Amin, M. K., Isnani, I., & Paridjo, P. (2020). Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prisma, 9(2), 221. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/1072
Arifin, M. C. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) berbantuan geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 232–236. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/947
Evitasari, A. D., & Setyani, W. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 483–491. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8672
Fitriyani, A. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Melalui Reward Bintang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP Negeri 3 Kota Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 3(1), 71–76. https://doi.org/10.33751/jssah.v3i1.7422
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170
Gunur, B., Ramda, A. H., Riska, A., & Tamur, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 221–229. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16102
Harahap, D. S., Sihombing, L. N., & Sitio, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keragaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 457–466. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8184
Hartono, H., & Badriyah, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. ISLAMIKA, 5(4), 1644–1657. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i4.4008
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.
Hendiyani, S. F., Julia, J., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi BASAYA Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Keberagaman Sosial Budaya pada Peserta Didik Kelas V. Journal on Education, 6(1), 5505–5521. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3738
Istiqomah, F., Nasir, M., & Marzuki, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Konteks Menanamkan Nilai Saling Menghargai Dalam Keragaman Peserta Didik Kelas IV SDIP As-Syafi’iyah Tanggulangin. Impressive: Journal of Education, 1(3), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.61502/ijoe.v1i3.15
Lahadi, A. B., & Wirdati, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pair Check Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 2(4), 701–708. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/annuha.v2i4.253
Lailiyah, N. N., & Mardliyah, S. Z. (2021). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Madrasah Ibtidaiyah. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 89–92. https://doi.org/https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.868
Lestari, D. P. A., & Sundi, V. H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi GeoGebra untuk Mempermudah Pembelajaran Materi Program Linear. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10668
Lubis, L. A., & Gultom, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Pecahan di SDN 104204 Sambirejo Timur TA 2022/2023. Journal on Education, 6(1), 6549–6555. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3876
Mardiyanti, L., Fauzi, F., & Yamin, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pengukuran Bangun Datar Di Kelas IV SD Negeri 62 Banda Aceh. Elementary Education Research, 7(4). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/21936
Munawaroh, F., Prasetyaningtyas, F. D., & Arlinda, F. D. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Ngaliyan 03. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 314–341. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/37
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81–91. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150
Nanditha, Y., Wirdati, W., & Kanus, O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PAI. An-Nuha, 3(2), 228–239. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/annuha.v3i2.302
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124–5129. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3050
Nu’man, A., Rozi, F., & Hendrik, H. (2021). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Ahklak. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 20(1), 54–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i1.4373
Nurdianti, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(2), 311–318. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i2.7503
Pancawardana, H., Al Ayyubi, I. I., Rohmatulloh, R., & Murharyana, M. (2023). The Influence of Nonformal Education on Students’ Cognitive Formation. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 236–243. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i2.612
Rahmasari, D., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Model Make A Match pada Topik Bangun Datar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7815–7821.
Rahmawati, M., & Harahap, E. (2021). Analisis Keuntungan Usaha Kos-Kosan Menggunakan Program Linear Dengan Aplikasi Geogebra. Matematika: Jurnal Teori Dan Terapan Matematika, 20(1), 59–66. https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1549
Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133–144. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i1.1636
Rohmawati, L. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal Al-Ibrah, 5(2), 87–92.
Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan bahan ajar ppkn berbasis kearifan lokal guna meningkatkan ketahanan budaya melalui pemahaman konsep keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229–248. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jkn.56926
Saputra, H. (2022). The Effect of Using Geogebra Assisted STAD Type Learning Model on Problem Solving Ability and Mathematical Disposition. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 574–583. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1028
Supriatna, A., Nasem, & Aenul Quthbi, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Kenampakan Dan Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(2), 158–172. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.302
Suputra, K. Y., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan model problem based learning berbantuan geogebra meningkatkan hasil belajar matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 423–431. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36898
Sutrisno, S., Zuliyawati, N., & Setyawati, R. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem-based learning dan think pair share berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.930
Syamsinar, Firawati, Hafid, R., Elihami, & Asikin, A. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Kooperatif E-Learning Pada Peserta Didik di Pendidikan Dasar. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(2), 81–90.
Tanjung, E. S., Theresia, M., & Nurbaiti, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(2), 22–28. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/319
Wiani, R., Maharani, S. D., & Susanto, R. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Keragaman Budaya di Indonesia Menggunakan Model Quantum Learning Pada Kelas IV SD Negeri 118 Palembang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 8(2). https://repository.unsri.ac.id/94258/1/26.pdf
Yanti, R. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas Belajar Matematika Siswa. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5343
Zulfikar, Z., Azis, Z., & Nasution, M. D. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 35–49. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.23467
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ibnu Imam Al Ayyubi, Hadi Ahmad Bukhori, Candra Komara, Jujun Jujun, Erni Yulianti, Erma Mahriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.