Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Melalui Pendekatan Ekspositori di Sekolah Dasar

Authors

  • Ainatur Richana UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA
  • Dewi Masithoh Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Keywords:

hasil belajar ipa, pendekatan ekspositori, sekolah dasar

Abstract

Dampak kebijakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan ekspositori. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaboratif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2022. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV di MI Darul Ma’arif 1 Serut Bantul yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan soal tes. Pengambilan data penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran yaitu: pratindakan, tindakan siklus I, dan tindakan siklus II. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan adanya peningkatan kualitas proses (keaktifan siswa dan suasana kelas menjadi lebih hidup) dan hasil belajar IPA (75 % siswa mencapai KKM 7,5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkan pendekatan ekspositori, kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terbukti siswa menjadi lebih kritis dalam proses pembelajaran, rasa ingin tahu yang tinggi serta mampu bekerjasama. Sehingga, menjadikan suasana kelas lebih aktif dan menyenangkan. Selain itu, hasil belajar IPA pada siswa meningkat, terbukti dengan nilai rata-rata siswa pratindakan sebesar 7,6 dengan pencapaian KKM 49,98 % sebanyak 12 siswa, tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat sebesar 8,17 dengan pencapaian KKM 80,75 % sebanya 21 siswa, dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 8,65 dengan pencapaian KKM 88,40 % sebanyak 23 siswa dari 26 siswa keseluruhan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ekspositori.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Richana, A., & Masithoh, D. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Melalui Pendekatan Ekspositori di Sekolah Dasar. Journal of Primary Education Research, 1(01). Retrieved from https://e-journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/2

Issue

Section

Articles