Strategi Kepala Sekolah Dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa (Studi Kasus di MI Ma’arif Bego)

Authors

  • Fajriana Mufida Ana Universitas Nahlatul ulama Yogyakarta
  • Sutiyono SUTIYONO Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Keywords:

Karakter Perduli Lingkungan, MI Ma'arif Bego, Strategi Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi karena permasalahan lingkungan hidup di yang akibatkan oleh perilaku manusia yang merusak, maka Kementerian Lingkungan Hidup muncul sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan terutama di dunia pendidikan yakni melalui program Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan kepala sekolah sebagai upaya menguatkan karakter peduli lingkungan pada siswa di MI Ma’arif Bego. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek Penelitian terdiri dari tiga pihak yaitu Kepala Sekolah MI Ma’arif Bego, Koordinator pelaksana program Adiwiyata di MI Ma’arif Bego, dan guru di MI Ma’arif Bego. Teknik analisis data melalui pengumpumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa sikap kepedulian siswa pada lingkungan hidup di MI Ma’arif Bego dapat dibuktikan melalui program Adiwiyata yang telah dilaksanakan baik harian, bulanan, dan tahunan. Sedangkan untuk faktor penghambat diantaranya beberapa siswa yang masih mengabaikan peraturan menjaga lingkungan. Serta beberapa orang tua wali yang kurang mendukung program sekolah dan pengaruh dari lembaga lain yang masih dalam satu lingkungan dengan MI Ma’arif Bego

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ana, F. M., & SUTIYONO, S. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa (Studi Kasus di MI Ma’arif Bego). Journal of Primary Education, 2(1), 86–91. Retrieved from https://e-journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/22