PENTINGNYA PERAN GURU BAGI PESERTA DIDIK PENYANDANG TUNAGRAHITA RINGAN PADA JENJANG KELAS TIGA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Peran Guru, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Tunagrahita RinganAbstract
Pendidikan merupakan pondasi paling dasar sebagai manusia. Munculnya kebijakan pendidikan inklusi memberikan titik terang bagi peserta didik yang memiliki kebutuhan untuk tetap mendapatkan pendidikan. Dalam pelaksanaan program pendidikan inklusi, tak lepas dari guru pendamping khusus yang berkompetensi dan berpengetahuan dalam proses belajar. Guru sebagai orang tua di sekolah harus memiliki setidaknya pengalaman dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari artikel ini dibuat adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya peran guru bagi peserta didik penyandang tunagrahita pada jenjang kelas tiga sekolah dasar. Metode yang digunakan penelitian ini melalui deskriptif-kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima peran guru dalam mendidik anak berkebutuhan khusus, diantaranya : sebagai motivator, fasilitator, mediator, pembimbing, dan pendamping. Guru harus siap menghadapi tantangan yang ada. Tantangan yang ada biasanya tergantung dari diri peserta didik itu sendiri Di sisi lain, orang tua harus turut membantu dalam perkembangan sang anak. Perlu adanya kesadaran dari orang tua dalam mendidik sang anak di rumah