Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem melalui Metode Pembelajaran Luar Ruang di Kelas VI MIQ Mathla'ul Huda Ambarawa
DOI:
https://doi.org/10.57176/primer.v3i2.47Keywords:
Metode Outdoor Learning, Peran Guru, EkosistemAbstract
Tujuan dari penelitian berikut ialah dalam rangka mengkaji dan menjelaskan peran guru dalam melaksanakan pendidikan sains ekosistem melalui kegiatan pendidikan yang memanfaatkan metode pembelajaran di luar ruangan. Peran seorang guru bisa sebagai berikut: mereka merencanakan proses pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan penilaian pasca-pembelajaran, semuanya dalam kerangka proses pembe-lajaran. Dengan pendekatan ini, siswa bisa terlibat dalam pembelajaran langsung, mengekspresikan diri dalam lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga memungkinkan mereka dalam rangka mengkaji layanan ekosistem, terutama peran hewan dalam sumber makanan mereka. Masalah penelitian dalam riset berikut ialah untuk mendeskripsikan bagaimana guru berkontribusi dalam pengajaran ilmu lingkungan menggunakan pendidikan luar ruangan di sekolah dasar. Riset berikut sifatnya positif. Riset berikut dilakukan di MIQ Matla’ul Huda Ambarwa. Data dalam riset berikut meliputi data primer dan sekunder. Proses pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Proses analisis data ialah model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh bisa diasumsikan bahwa implementasi pendidikan ilmu lingkungan melalui pendidikan luar ruang di MIQ Matla Al-Huda Ambarwa telah berhasil.
References
Dewi 2020 ‘Manajemen Sarana dan Strategi , Prosedur , dan Evaluasi’, Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 8(April), p. 185.
Egok, A.S. et al. (2021) ‘Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Learning Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Sd Negeri Tanjung Beringin’, pp. 200–205.
Fitri, D.R. and Noviyanti, S. (2022) ‘Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem melalui Outdoor Learning di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), pp. 116–121.
Hemat Zagoto and Darmawan Harefa (2023) ‘Analisis Peran Guru Pada Proses Pembelajaran’, Civic Society Research and Education: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), pp. 85–98. Available at: https://doi.org/10.57094/jpkn.v4i1.992.
Ichsanuddin Abimanyu, Narulita, H. and Dwi Purwani, L.L. (2024) ‘Kajian Outdoor Learning Proses dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Pustaka’, JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6 (1), pp. 25–33. Available at: https://doi.org-/10.30599/jemari.v6i1.3197.
Manungki, I. and Manahung, M.R. (2021) ‘Metode Outdoor Learning Dan Minat Belajar’, Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(1), pp. 82–109. Available at: https://doi.org/10.58176/edu.v2i1.111.
Mumtahanah and Warif, M. (2021) ‘Strategi Guru dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa Kabupaten Maros’, IQRA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 17–27.
N.Husna (2020) ‘Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun’, Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo, p. 2.
Nurdyansyah & Amalia (2015) ‘View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk’, 1, pp. 1–8.
Ridwan, W. and Ladamay, O.M.M.A. (2020) ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik di Sma Muhammadiyah 8 Cerme Gresik’, Tamaddun, 21(1), p. 067. Available at: https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1378.








