KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MEINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • khuurin iin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fitri Yuliawati Universitas Islam Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif berupa penelitian subjek tunggal atau SSR. Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang masih sering terjadi dilingkungan kita, yaitu kasus anak yang kurang dalam kemampuan membaca. Dalam hal ini kasus kasus tersebut memiliki keterkaitan yang kuat antara anak dengan orang tua. Keterlibatan orang tua dalam menangani kurangnya kemampuan membaca seorang anak sangatlah penting. Pada kasus seperti ini masih sering ditemui dalam kehidupan sehari hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berawal dari observasi peneliti dengan subjek yang diteliti kemudian dilanjutkan dengan melakukan wawancara dengan wali subjek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pentingnya keterlibatan atau peran orang tua dalam proses belajar anak terutama dalam hal membaca. Karena hasil dari peran orang tgua tersebut akan sangat berdampak pada kehidupan anak selanjutnya. Pada hal ini juga dituliskan sedikit solusi dalam pendampingan belajar anak berupa orang tua dapat menemani anak dalam proses belajarnya terutama dalam hal membaca dan dapat juga dikenalkan pada jasa layanan perpustakaan yang harapannya minat membaca akan semakin tinggi. Pada keterlibatan orang tua dalam pendampingan anak hasilnya sangat berbeda dengan anak yang sama sekali tidak mendapatkan peran dari orang tua dalam hal membaca tersebut.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

iin, khuurin, & Fitri Yuliawati. (2025). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MEINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS VI SEKOLAH DASAR. Journal of Primary Education Research, 3(1), 29–34. Retrieved from https://e-journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/48