Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, & Math (STEAM) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Adhy Putri Rilianty STKIP AL Hikmah Surabaya
  • Monika Handayani Universitas Terbuka
  • Wahyu Nugroho Universitas Palangka Raya

Keywords:

STEAM, keterampilan abad 21, siswa SD

Abstract

Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, & Math (STEAM) merupakan salah satu pendekatan yang menjadi trend di abad 21. Pendekatan STEAM menjadi salah satu jawaban untuk mampu mendesain kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan pemecahan masalah, proyek, dan penemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, & Math (STEAM) yang dapat diterapkan di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu systematic literature review. Data dikumpulkan dari berbagai sumber referensi seperti buku dan artikel jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEAM dapat diterapkan di SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Penerapan STEAM dapat meningkatkan keterampilan abad 21 siswa SD. Keterampilan abad 21 tersebut antara lain keterampilan berpikir kritis dan penyelesaian masalah (critical thinking and problem solving/ expert thinking), komunikasi dan kolaborasi (communication and collaboration), kreativitas dan inovasi (creativity and innovation/ applied imagination and invention). Penerapan STEAM di SD masih membutuhkan peran guru yang cukup banyak. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Rilianty, A. P., Handayani, M., & Nugroho, W. (2023). Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, & Math (STEAM) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Journal of Primary Education Research, 1(2), 78–85. Retrieved from https://e-journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/13

Most read articles by the same author(s)