Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPA di SD
DOI:
https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.7Keywords:
Pengembangan Media, Multimedia Interaktif, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran sains di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Banguntapan Bantul. Peneltiian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (development research) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian dilakukan dengan langkah: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf produk media dan validasi, uji coba individu, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, revisi akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil Penelitian menunjukan skor rata-rata validasi materi 4,54 dengan kategori sangat baik dan validasi ahli media 4,13 dengan kategori baik. Berdasarkan Hasil uji coba lapangan awal mendapat skor rata-rata 4,69, uji coba lapangan 4,09, uji pelaksanaan lapangan 4,21. Pada uji coba lapangan termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil uji coba tersebut multimedia pembelajaran sains yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif layak untuk digunakan dalam pembelajaran sains.
References
Borg, Walter R., & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction (4th). New Yor:k & London: Longmann.
Hadi, Syamsul, and Novaliyosi. 2019. “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study).” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 562–69
Hayat, Bahrul & Yusuf, Suhendra. (2012). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hikmah, H., Azmi, U., & Nugroho, W. (2022). Podcast and Padlet and Its' Effectiveness in ELT Class for Pesantren Student. Ethical Lingua, 9(1), 190-196. DOI:10.30605/25409190.361
I Wayan Santyasa. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Disajikan dalam workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan.
Maslichah Asy’ari. (2006). Penerapan Pendekatan SAINS-Teknologi-Masyarakat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
OECD. 2019. “Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018.”
Siswoyo, Dwi., dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Susilana, R. & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.








